Selamat Datang

Melalui blog Tumbuhan Bali ini saya menayangkan berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai arti penting dalam kehidupan orang Bali, terutama jenis-jenis tumbuhan yang digunakan dalam upacara agama dan pemanfaatan lain dalam kaitan dengan tradisi masyarakat Bali. Tayangan akan saya fokuskan pada pengenalan ciri-ciri morfologis yang dilengkapi dengan foto untuk memudahkan melakukan pengenalan, terutama bagi Anda yang hanya pernah mendengar nama tetapi belum pernah melihat sendiri bagaimana 'rupa' sesungguhnya dari tumbuhan tersebut. Karena latar belakang saya adalah pertanian maka saya mengalami keterbatasan uraian mengenai pemanfaatan dalam berbagai aspek kehidupan orang Bali, terutama dalam pemanfaatan untuk upacara keagamaan. Untuk melengkapinya, saya akan dengan terbuka menerima masukan dari Anda, terutama dari Anda yang merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu untuk Bali.

Moolatho Brahma Roopaya, Madhyato Vishnu Roopini, Agratas Shiv Roopaya, Vriksha Rajayte Namaha.
Brahma shaped at the root, Vishnu shaped in the middle and Shiva shaped at the top, we salute You, the king of all trees.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website

Senin, 19 November 2012

Jepun (Bunga Kemboja)

Sumber: Plants of Hawaii
Jepun (bunga kamboja) dapat dijumpai di mana-mana di Bali, seakan-akan jepun merupakan bunga identitas Bali padahal bukan. Berbeda dengan di daerah lain di mana jepun lazim ditanam di areal pemakaman, di Bali jepun justeru ditanam di tempat suci, seperti misalnya di sanggah (pemrajan) dan pura. Bunga jepun merupakan bunga penting dalam upacara agama, terutama sebagai bunga persembahyangan. Tumbuhan asal Amerika Tengah, Mexico, Karibia, dan Amerika Selatan sampai Brazil ini mempunyai nama ilmiah Plumeria rubra (periksa nama ilmiah dan klasifikasi), sedangkan nama umum dalam bahasa lainnya adalah bunga kemboja atau semboja (Indonesia) dan frangipani, temple tree atau plumeria (Inggris).
Jepun merupakan semak atau pohon kecil gugur daun yang dapat tumbuh sampai tinggi 2-8 m, berbatang dengan kulit tebal bergetah putih lengket bila dilukai, bercabang banyak, cabang berbentuk seperti sosis, dengan daun terletak di ujung cabang. Daun merupakan daun tunggal, panjang meruncing ke arah pangkal dan ujung, duduk berselang-seling menggerombol di ujung cabang, berukuran panjang 30-50 cm, gugur pada bulan-bulan terdingin setiap tahun. Bunga berangkai, terletak pada ujung cabang, seringkali dalam jumlah sangat banyak. Bunga tunggal mempunyai 5 helai mahkota, wangi, berwarna jingga sampai putih dengan bayangan kuning di bagian pangal bagian tengah, berukuran diameter 5-7,5 cm. Jarang membentuk buah, buah berbentuk seperti polong, panjang sekitar 17 cm, berisi 20-60 biji bersayap. Tanaman jepun terdiri atas banyak kultivar, terutama hasil persilangan dengan Plumeria obtusa, dengan daun yang lebih membulat dan kurang gugur, dan berbunga sepanjang tahun.

Di Bali jepun ditanam terutama untuk memperoleh bunganya sebagai bahan upacara agama. Selain itu juga ditanam sebagai tanaman hias karena bunga dan bentuk pohonnya yang unik. Kini terdapat berbagai kultivar dengan bentuk dan warna bunga yang beraneka ragam, dan yang kini banyak ditanam di Bali adalah kultivar jepun yang disebut jepun cendana yang berbunga sepanjang tahun. Karena dominasi kultivar baru, jenis jepun asli Bali yang berbunga musiman dengan warna bunga putih mulai sulit ditemukan.

Jepun bali. Sumber: About.com Trees & Shrubs
Sosok pohon berbunga putih
Sumber: Dr. Giuseppe Mazza
Sosok pohon berbunga jingga
Sumber: Campus Plants
Bunga bersemu jingga
Sumber: mgonline.com
Bunga putih dan bagian dalam kuning
Sumber: Plants of Hawaii
Bunga bersemu jingga dan kuning
Sumber: Tropical Seeds
Bunga jingga menyala
Sumber: The Beauty of Orchids & Flowers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar